Resep Sambal Tempoyak Cita Rasa Menggoyang Lidah

Resep Sambal Tempoyak Cita Rasa Pedas yang Menggoyang Lidah. Anda pecinta makanan pedas? Tidak akan lengkap rasanya memiliki gelar ‘pecinta pedas’ jika belum mencoba sambal tempoyak. Sambal ini dibuat dari bahan durian yang sudah mengalami proses fermentasi. Penasaran bagaimana rasanya?

Sambal ini akan membuat lidah Anda terpuaskan dengan cita rasa pedas, manis, dan asam yang berpadu satu. Tak ketinggalan aroma durian yang khas akan semakin meningkatkan selera makan Anda begitu bertemu makanan satu ini. Menu sambal ini tidak hanya tenar di Indonesia saja, tetapi banyak juga penikmatnya dari negara tetangga seperti Malaysia.

Resep Sambal Tempoyak dan Cara Membuatnya

resep sambal tempoyak dan cara membuatnya

resep sambal tempoyak dan cara membuatnya

Sambal ini dibuat dari bahan utama berupa daging durian, sehingga mempunyai sedikit rasa asam yang hasilkan dari buah tersebut. Penikmat durian pasti tak akan sanggup melupakan rasa lezat sambal ini. Di beberapa daerah di Pulau Sumatera misalnya Lampung dan Palembang, sambal tempoyak sering disajikan bersama ikan goreng, sup pindang, olahan ayam, serta masih banyak lagi. Sambal ini memang paling cocok dijadikan menu pelengkap untuk hidangan lalapan ayam atau ikan, meskipun tidak kalah lezat jika dipadukan menu lainnya.

Kursus Masak Online Cek Eka Dapur 86 Klik Disini

Jika Anda menggemari masakan pedas yang ekstrem, sambal satu ini siap menggoyang lidah dengan sensasi pedas yang membakar. Bumbu cabai yang umumnya dipakai adalah cabai rawit, sehingga pedasnya akan lebih maksimal. Banyaknya cabai pada bahan bisa disesuaikan dengan selera. Sambal ini bisa disajikan dengan diguyur pada menu utama, bisa juga dihidangkan terpisah pada sebuah mangkok kecil. Rasanya tidak akan berubah meskipun dijadikan satu atau dipisah dari menu utama.

Sambal tempoyak memiliki aroma unik, tidak sama dengan sambal lainnya. Pertama, indera penciuman Anda akan dimanjakan perpaduan bumbu sambal yang didominasi aroma cabai dan bawang merah serta putih.

Kedua, aroma alami durian sebagai bahan pokok sambal juga tak ketinggalan. Hanya dengan mencium aromanya saja, Anda seolah bisa menerka bagaimana rasanya. Sambal ini paling lezat disajikan ketika masih hangat. Bagi Anda yang suka durian, kuliner pedas satu ini sangat wajib dicoba. Namun jika Anda tidak suka buah dengan aroma menyengat ini, tak ada salahnya mencoba karena rasa durian di dalamnya tidak mendominasi.

Dibawah ini video tutorial dan Resep Sambal Tempoyak , Silahkan Subscribe untuk update resep lainnya di Channel https://youtube.com/c/ekaamalia

Leave a Reply