Resep Cuko Pempek atau Kuah Pempek Cita Rasa Khas Palembang

Resep Cuko Pempek atau Kuah Pempek Segar Cita Rasa Khas Palembang. Apa yang pertama kali muncul di benak ketika mendengar kata pempek? Kenyal? Gurih? Palembang? Setiap orang mempunyai kesan berbeda-beda terhadap kuliner khas satu ini. Pempek kenyal yang dipadukan dengan kuah pempek segar akan menghasilkan cita rasa otentik yang memanjakan lidah.

Kuah pempek ada pula yang menyebutnya dengan cuko pempek. Setiap orang yang membuat cuko bisa menghasilkan aneka variasi rasa. Namun secara umum cuko mempunyai rasa manis pedas yang khas. Bagi Anda yang tidak kuat dengan makanan pedas, bisa menyesuaikan level pedasnya sesuai selera.

Resep Cuko Pempek dan Cara Membuatnya

Pempek hampir selalu identik dengan Palembang, karena memang daerah asalnya berasal dari sana. Seiring berjalannya waktu, makanan pempek semakin dikenal oleh banyak orang dari luar daerah. Sejak saat itu, pempek tidak hanya berada di kota asalnya saja, melainkan hampir di mana-mana bisa ditemukan penjualnya.

Kursus Masak Online Cek Eka Dapur 86 Klik Disini

Jadi jika Anda ingin mencoba kelezatannya, tidak perlu lagi jauh-jauh ke Palembang. Hampir di setiap sudut kota pasti ada penjual pempek khas Palembang. Rasanya pun tidak jauh berbeda dengan pempek yang asli di Palembang.

resep cuko pempek dan cara membuatnya

resep cuko pempek dan cara membuatnya

Selain itu, Anda pun juga bisa membuat resep sendiri sesuai kreasi.  Bahan-bahan yang lazim dipakai untuk membuat kuah pempek sangat mudah didapatkan di sekitar, dan Anda bisa membelinya di toko terdekat. Warna kuah cuko ini biasanya coklat tua hampir menuju merah tua.

Hal ini disebabkan oleh cabai rawit dan gula batok yang menghasilkan warna kemerahan pada kuah. Jika tidak ingin terlalu pedas cabai bisa dikupas untuk dibuang isinya sehingga hanya bersisa kulitnya saja. Dengan demikian, kuah pempek yang dihasilkan lebih ramah di lidah.

Kuah pempek juga terasa sedikit asam karena ada tambahan bumbu asam Jawa pada bahan-bahannya. Bumbu kuah tidak selalu seperti itu, karena bisa dimodifikasi sesuai selera pembuatnya. Dilihat sekilas, kuah pada seporsi pempek khas Palembang mempunyai permukaan kental.

Jadi ketika diletakkan pada sebuah mangkuk atau piring, kuah ini akan tampak seperti minuman kopi hanya saja lebih kental. Kuah disiramkan ketika pempek sudah siap. Perpaduan sempurna pempek yang kenyal dengan kuah kental akan menciptakan kombinasi rasa memanjakan lidah.

Dibawah ini video tutorial dan Resep Cuko Pempek , Silahkan Subscribe untuk update resep lainnya di Channel https://youtube.com/c/ekaamalia

Leave a Reply